Kewirausahaan

Oleh: Maeny Risdhi

SOAL:
Wirausahawan memang tidak selalu identik dengan berbisnis. Indonesia harus melahirkan jutaan wirausahawan demi mempercepat kemajuan bangsa. Itulah sebabnya mengapa pemerintah mencanangkan program KWU Nasional diseluruh Indonesia. Upaya untuk mendorong lahirnya wirausahawan tersebut khususnya dikalangan muda salah satunya adalah dorongan perguruan tinggi untuk mengembangkan kewirausahaan oleh sebab itu setiap mahasiswa harus memiliki jiwa kewirausahaan atau entrepreneur agar menjadi manusia yang maju dan bermartabat. Jelaskan secara singkat mengenai persepsi diatas !

JAWAB:
Dunia entrepreneur masih ditakuti oleh sebagian orang karena dianggap gambling atau ragu dengan pendapatan yang fluktuatif kadang naik, kadang turun, dan bisa juga bangkrut. Padahal tidak sedikit entrepreneur yang sukses. Bahkan kebanyakan orang kaya di Indonesia saat ini adalah seorang entrepreneur. Selain itu saat kita menerjunkan diri menjadi seorang wirausahawan kita sudah turut andil dalam membuka lapangan pekerjaan yang saat ini menjadi permasalahan global.

Maka dari itu kita sebagai mahasiswa harus memiliki jiwa seorang entrepreneur yaitu berfikir kreatif dan inovatif, percaya diri, mandiri, bermental ingin maju, motivation, bekerja keras dan dapat bekerjasama dengan orang lain, jujur, manajerial, dan berjiwa pemimpin. Dengan menanamkan sifat-sifat entrepreneur diatas diharapkan kita sebagai mahasiswa dapat menjadi seorang entrepreneur yang berhasil sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan, dan menjadi manusia yang maju karena berani berfikir jauh kedepan dan berani mengambil resiko. Dan dapat menjadi manusia yang mandiri tidak bergantung dengan orang lain dan agar dapat dikatan sebagai manusia yang bermatabat maka kita harus mengutamakan kejujuran. Karena kejujuran adalah landasan utama seseorang untuk berwirausaha.

Komentar