KENALI GEJALA KANKER SERVIK SEJAK DINI

Gejala kanker servik akan bervariasi pada setiap wanita. Sebagian wanita tidak mengalami gejala, namun sebagian lainnya akan mengalami gejala yang cukup berat.
Seperti juga gejala pada jenis kanker yang lain, kanker servik tidak memiliki gejala yang spesifik sehingga gejala yang muncul sama dengan gejala penyakit lainnya. Konsultasi kepada dokter anda adalah salah satu cara yang baik agar bisa dilakukan tindakan atau paling tidak penyakit lebih cepat terdiagnosis.
Gejala Dini Kanker Servik
Pada stadium awal kanker servik biasanya jarang muncul gejala, meskipun kanker servik dapat didiagnosis pada stadium awal melalu pap smear, biasanya gejala yang muncul tidak mengindikasikan adanya kanker. Hal ini lah yang menjadi alas an mengapa melakukan pap smear secara teratur sangat penting agar kanker bisa terdeteksi lebih dini.
Gejala Kanker Servik Pada Stadium Lanjut
Nyeri Panggul
Kanker servik akan mengalami perkembangan sehingga menjadi stadium lanjut apabila tidak mendapat tindakan. Pada stadium lanjut gejala kanker mulai terlihat dan dapat dirasakan. Beberapa gejala tersebut seperti:
  • Nyeri panggul. Rasa nyeri pada panggul yang tidak terkait dengan kondisi lainnya seperti menstruasi dapat merupakan gejala kanker servik.
  • Nyeri selama hubungan seksual, beberapa wanita akan mengalami nyeri selama berhubungan seksual.
  • Perdarahan tidak normal pada vagina, kondisi ini adalah gejala yang paling umum dialami pada kanker servik. Wanita harus waspada jika terjadi perdarahan setelah melakukan hubungan seks, perdarahan yang berlebih pada siklus menstruasi, munculnya bercak darah diantara siklus menstruasi. Kesemua kondisi ini harus mendapat perhatian serius dan harus dilaporkan saat anda berkonsultasi dengan dokter.
  • Ruam pada vagina, merupakan gejala umum yang terkait dengan berbagai kondisi kewanitaan. Pada kanker servik tahap lanjut, ruam pada vagina bisa disertai dengan atau tanpa bau.
Apa yang sebaiknya anda lakukan jika memiliki gejala kanker serviks?
Jika anda mengalami gejala kanker servik, maka segera konsultasikan ke dokter anda. Dan untuk memudahkan anda dalam berkonsultasi, catat semua gejala yang anda rasakan sebelum anda mengunjungi dokter anda. Hal ini juga berguna bagi dokter untuk bisa menyimpulkan dan mendiagnosis penyakit yang anda alami. Dengan demikian langkah pengobatan akan lebih mudah dilakukan.

Posted by Triyono A Hadi on 2011/05/10
http://tentangkanker.com/2011/kenali-gejala-kanker-servik-lebih-dini/

Komentar