Sore di Desa Mangli Kaki Gunung Sumbing

Perjalanan kali ini kita menuju magelang tepatnya Desa Mangli Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Untuk trip kali ini aku pergi tanpa suami tapi barengan rombongan kerjaan ya gengs. Perjalanan dari kota solo ditempuh kurang lebih 3 jam dengan menggunakan mobil. Rute perjalan kali ini kita putusin untuk lewat jalan biasa bukan lewat jalan tol. Dari solo kita mampir dulu di kabupaten boyolali, yup... apalagi kalau gak mampir ngisi perut dulu buat sarapan. Dan sarapan di vacation kali ini jatuh ke Soto Hajah Fatimah yang legend. Disitu aku pesen soto daging sapi dan rasanya hmmm... sudah gak usah diragukan lagi yang pasti mantuLLLL... pagi-pagi udara dingin berselimut mendung dan gerimis syahdu sarapan yang anget-anget bisa ngebayanginkan gengs. Tempat makannya recomended deh kalau semisal ada dari kalian yang kebetulan lewat daerah boyolali kota yang belom penah ngerasain wajib banget mampir deh. Selain rasa sotonya yang maknyuss tempatnya juga bersih dan nyaman juga gak ketinggalan menu pendamping sotonya apalagi kalu bukan aneka gorengan dan sundukan komplit banget aku aja sampe bingung mau pilih yang mana saking banyaknya. Untuk harga menurutku termasuk standarnya gak yang bikin kantong kalian engap he..he...

Karena perjalanan masih panjang akhirnya sarapan kita ndak terlalu lama untuk melanjutkan perjalan. Rute berikutnya dari arah boyolali kami putuskan untuk lewat kopeng dan tembus di terminal Tidar Magelang dan berlanjut melewati alun-alun kota magelang melewati pasar kalegen. Sepanjang perjalanan jalanan menanjak dan kanan kiri kita disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Banyak pohon bambu dan pohon-pohon besar. Selain itu ada juga perkampungan warga dan tanah warga yang ditanami sayur seperti pada umumnya daerah pegunungan. Semakin lama jalan semakin menyempit dan menanjak. Meskipun jalan menyempit tetapi untuk kendaraan roda 4 masih bisa lewat dan simpangan (papasan) tapi harus hati-hati karena kanan kiri jalan jurang dan bahu jalan masih tanah karna aspal jalan hanya untuk satu kendaraan roda 4 saja seperti jalan desa pada umumnya. Bisa simpangan kalau kedua mobil saling mengambil bahu jalan. Tapi menurutku ngeri juga ya... secara kanan kiri bahu jalan jurang dan bahu jalan masih tanah takutnya ambles gitu. sepanjang perjalanan menuju desa mangli kita menemui beberapa himbauan untuk hati-hati longsor. Semakin tinggi dan mendekati lokasi jalan semakin berkelok-kelok tajam dan tentunya najak terooos.

Setelah kira-kira sekitas 40 menit perjalanan dari terminal magelang gunung tidar akhirnya kita sampai juga di desa mangli magelang tepat di kaki gunung sumbing. Seketika kami disuguhkan pemandangan alam gunung sumbing yang luar biasa terbayar sudah perjalanan berjam-jam dengan medan yang ngeri-ngeri sedap. Sesampainya dilokasi kami disambut dengan gerimis dan angin yang lumayan yah... tapi untungnya gak lama. Di sana kami mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada disana “Silancur Highland” tetapi waktu kami kesana ada sebagian tempat yang masih dalam pembangunan. Di Silancur mengusung konsep Caffe Alam. Kalau mau pesen makan dan minum diatas bukit sambil nikmatin gunung sumbing bisa, atau cuman masuk trus foto-foto instagramable aja juga bisa tinggal pilih aja. Pengalamanku kemarin kesana pas naik keatas bukitnya pemandangannya bagus banget cuman agak ngeri juga sih aku memang disediain meja kursi buat kongko-kongko tapi posisinya tepat dibawah pohon-pohon pinus yang gede-gede banget dan posisi itu diketinggian alhasil anginnya ngeri gengs sampai pohonnya goyang kesono kesini, kan akunya jadi ngeri. Dan akhirnya kita putusin disana kita cuman foto-foto ajah karena takut gengs. Dan kita kongko-kongkonya di kedai kopi deket kita parkir tadi yang dirasa lebih aman lah.

Udah sampai sini ndak afdol kalau belom nyicipin kopinya dong. Aku pesen kopi arabica mangli dari biji kopi lalu di grinder dulu dan diproses sedemikian rupalah sampai siap minum. Dan gak lupa pesen pendampinya tempe mendoan panas plus sambel kecap, juga french fries dengan bumbu barbeque ditaburi bubuk oregano. Dah sedep banget jadi temen ngopi ditemani pemandangan gunung sumbing yang luar biasa pokoknya mantab banget deh. Setelah puas menikmati gunung sumbing juga kongko-kongko sambil ngopi kami putuskan untuk pulang, karena sudah sore juga dan mulai gerimis lagi juga berkabut secara medan yang kita lalui buat naik tadi cukup bikin deg-deg an.

Menurutku tempat ini sangat recomended ya buat kalian yang mau hilling dari penatnya kemacetan kota dan tumpukan tugas atau kerjaan dengan menikmati keindahan dan kesejukan alam. Pokoknya kalian wajib coba trip aku kali ini ya karna bener-bener merefresh pikiran juga bikin naikin moodboster kita. Yah begitulah trip aku kali ini ya.. di silancur highland tepatnya di desa mangli, kaliangkrik, magelang. Tunggu trip selanjutnya...